Radical Heights, Gim "Battle Royale" dengan Gaya Retro Futuristik


 Cuplikan adegan pertempuran Radical Heights (Gambar: Boss Key Productions)

Gim dengan genre battle royale kini sedang naik daun, di mana sejumlah pemain masuk dalam satu area permainan dan saling bunuh hingga menyisakan satu pemain sebagai pemenang. Fortnite: Battle Royale dan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) adalah contoh gim battle royale yang sedang hit di seluruh dunia.

Membaca tren gim battle royale, developer gim asal Amerika, Boss Key Productions, meluncurkan gim dengan genre serupa bernama Radical Heights pada 10 April 2018. Dalam trailer resmi Radical Heights, gim ini menampilkan kembali tema 80-an dengan gaya retrofuturistik. Pemain akan disuguhkan nuansa warna pastel yang kuat dan desain pakaian karakter zaman dulu.

Sedangkan dari segi gameplay, sama seperti battle royale pada umumnya, gim dimulai dengan menerjunkan para pemain di sebuah kota. Gim Radical Height mengambil setting lokasi di California Selatan pada 2023. Setelah mendarat di dalam kota, pemain dapat langsung menjelajah kota dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda BMX.

Pada saat pertama kali pemain tidak memiliki uang atau senjata untuk membunuh pemain lain. Maka mereka perlu mendapatkan uang dengan menghancurkan objek yang terdapat dalam bangunan. Setelah itu uang tersebut dapat digunkanan untuk membeli senjata di mesin penjual senjata atau pelindung.

Uang yang Anda miliki akan hilang seluruhnya bila karakter dalam gim mati. Namun bila pemain menyimpan uang dalam ATM virtual, uang tersebut dapat digunakan di permainan selanjutnya. Pemain juga dapat menggunakan uang di dunia nyata untuk membeli permata dalam gim, yang nantinya dapat ditukar dengan barang-barang kosmetik untuk karakter.

Gim Radical Heights juga tidak melulu soal saling bunuh dan mengumpulkan uang, para pemain dapat bersenang-senang dengan mode game show yang muncul secara acak. Pada mode ini pemain dapat mencoba berbagai jenis permainan mini dan mendapatkan hadiah seperti uang atau peralatan unik. Berdasarkan trailer resmi Radical Heights, mode game show yang akan muncul dalam permainan antara lain:
  1. Pintu Misteri. Pintu ini tampil dengan lampu kerlap-kerlip dan berhiaskan gambar tanda tanya. Pemain cukup menunggu di depan pintu hingga terbuka sepenuhnya dan mengambil hadiah di dalamnya
     
  2. Uang Tunai. Pada game show ini sebuah kotak kado berisi uang akan jatuh dari langit di area terbuka untuk jangka waktu tertentu. Pemain harus berebut untuk mendapatkannya.
     
  3. Spin Wheel. Permainan spin wheelakan turun dari langit secara acak. Untuk memainkannya, karakter cukup mendekati roda putar dan memutarnya hingga berhenti pada hadiah yang sudah ditentukan.
Untuk saaat ini sisipan game show dalam Radical Heights menjadi pembeda utama dengan gim battle royale lainnya dari sisi hiburan. Tertarik untuk memainkannya? Boss Key Productions mengklaim gim ini gratis untuk dimainkan. Namun pernyataan tersebut dianggap omong kosong setelah Radical Heights menyisipkan paket Founder's Pack yang berisi uang bonus.

Hal ini kemudian dianggap para pemain sebagai gim dengan prinsip pay-to-win alias perlu mengeluarkan uang untuk memenangkan permainan. Mendengar keluhan tersebut developer gim kemudian menghapus paket Founder's Pack sebelum gim Radical Heights dirilis.

"Early Access at work! We're listening to your feedback & we don't want anything that resembles pay-to-win in the game. To prove it, we're removing the +10% Cash Boost from the Founder's Pack before it launches," tulis mereka melalui akun Twitter resmi Radical Heights.

Kesigapan developer gim untuk menanggapi keluhan pemain patut diapresiasi. Setidaknya mereka tidak sekadar mengeruk keuntungan bisnis melalui gim, tapi juga mau mendengarkan keinginan pemainnya. Terlebih lagi, para pemain saat ini sudah cukup jenuh dengan gim jenis pay-to-win yang dinilai selalu tidak adil.

Komentar