5 Hal Menarik tentang Via Vallen, Pedangdut Terpopuler Saat Ini

Via Vallen diabadikan di Studio TransTV, Mampang, Jakarta Selatan, pada Senin (29/5/2017).(KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG)

Siapa yang tak kenal Via Vallen, pedangdut asal Sidoarjo yang lagu-lagunya kian digemari pecinta dangdut tanah air. Meski kebanyakan lirik lagunya menggunakan bahasa jawa, lagu-lagu Via dapat dinikmati berbagai kalangan. Iramanya yang asik daneasy listeningmembuat siapa saja akan ikut bernyanyi. Kini, setelah kerap muncul di TV Nasional, nama Via Vallen kian melambung. Beberapa lagunya bahkan viral di YouTube dan banjir komentar, ia seolah menjadi warna baru dalam dunia dangdut.

Via Vallen juga memiliki fans bernama "Vyanisty". Seperti dilansir dari Kapanlagi, fans ini terbentuk pertama kali melalui fanpage Facebook Via Vallen pada 2010. Para penggemarnya kebanyakan berasal dari Jawa, sebagaian lagi tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Sebagai artis dangdut yang viral dan memiliki banyak penggemar, sepertinya masih ada hal menarik dari Via Vallen. Supaya tidak penasaran, mari mengenalnya lebih dalam. Berikut 5 hal menarik tentang Via Vallen:

1. Pedangdut dengan Gaya Kasual
Satu hal yang membuat ia berbeda dengan pedangdut lainnya adalah penampilan aksi panggungnya dengan gaya kasual. Dari segi pakaian misalnya, ia lebih sering terlihat mengenakan kaus longgar dan mengenakan bawahan celana atau rok berbahan jins yang dipadukan dengan legging.

Sekilas gayanya lebih mirip girlband Korea karena pakaiannya warna-warni dan imut. Sedangkan dari aksi panggung, Via Vallen tetap elegan menyanyikan lagu-lagu dangdut. Meski hentakan dangdut koplo sangat menggoda untuk brjoget ria, ia tetap kalem di atas panggung.

2. Sejumlah Lagunya Viral

Selain di atas panggung, kepopuleran Via Vallen juga merambah YouTube. Beberapa lagunya tembus hingga 10 juta penonton, misalnya lagu Selingkuh, Kimcil Kepolen, dan Sayang. Untuk lagu terakhir yang berjudul Sayang bahkan kelewat viral, video tersebut ditonton lebih 58 juta kali.

Lagu Sayang sebenarnya sudah ia bawakan sejak 2014 bersama OM Sera, lagu ini makin dikenal setelah Via Vallen mempopulerkannya di TV Nasional melalui label. Dikombinasikan dengan genre reggae, lagu dangdut Sayang kian asyik didengarkan.

3. Bisa Nyanyi Berbagai Genre

Meski dikenal melalui lagu dangdut, Via Vallen ternyata juga mampu melantunkan berbagai genre lagu. Misalnya dalam sebuah episode program TV Dahsyat RCTI, via memesona penonton dengan lagu bergenre jazz "Dari Mata" yang dipopulerkan oleh JAZ.

Pada penampilan terakhir ia menyanyikan lagu genre Pop Barat "All I Ask" yang dipopulerkan oleh Adele, tampil ballad di bagian awal Via Vallen mampu mengubahnya menjadi dangdut koplo dengan apik. Seketika lagu sedih tersebut menjadi asik untuk dibuat joget.

4. Lancar Nyanyikan Lagu Berbahasa Spanyol, Despacito

Saat dunia sedang demam lagu Despacito, Via Vallen juga tidak ikut ketinggalan. Ia ikut melakukan cover dangdut lagu tersebut di channel YouTube pribadinya Via Vallen Official dan ditonton lebih dari 10 juta kali. Video tersebut menuai pujian karena ia lancar menyanyikan lagu Despacito yang berbahasa Spanyol, terlebih lagi lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo yang cepat.

Berkat cover tersebut, nama Via Vallen kemudian terdengar oleh Carlos Perez, sutradara yang menangani video klip Despacito. Seperti yang dilansir dari portal Dream, saat itu ia sedang berada di Jakarta untuk menyutradarai sebuah iklan.

Kemudian ketika melakukan sesi wawancara dengan wartawan, ia bertanya tentang penyanyi Indonesia dan lagu yang sedang naik daun. Salah seorang wartawan menyebut nama Via Vallen yang pernah melantukan Despacito versi dangdut koplo. Mendengar hal tersebut, Carloz menyatakan ingin mendengar suaranya dan meminta si wartawan untuk menulis namanya (Via Vallen) pada sebuah kertas.

5. Namanya Mulai Menggeser Popularitas Pedangdut Wanita di Ibu Kota

Berkat media sosial dan penampilannya di layar kaca membuat nama Via Vallen makin dicintai penikmat musik dangdut tanah air. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan Via menyabet penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler 2017.di ajang Indonesia Dangdut Awards 2017 (Jumat, 13/10/2017). Ia dipilih berdasarkan SMS dan voting terbanyak. Pada acara tersebut ia mengalahkan nama-nama pedangdut Ibu Kota seperti Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Lesti, dan Cita-Citata.

Penghargaan skala nasional ini juga bukan yang pertama buat Via Vallen, sebelumnya ia juga berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017 di ajang SCTV Music Awards 2017.

Komentar