Nintendo Labo, Inovasi Mainan Interaktif dari Kardus dan Konsol Switch

Macam-macam bentuk Nintendo Labo (Gambar: Nintendo.com)

Perusahaan video gim raksasa asal Jepang, Nintendo, dikabarkan akan merilis Nintendo Labo pada 20 April 2018. Sebuah hybrid mainan kardus dengan konsol gim Nintendo Switch. Produk ini hadir dalam bentuk kit yang mencakup kartrid Nintendo Switch dan serangkaian lembaran kardus, bersama dengan beberapa aksesoris lainnya seperti tali konektor dan plastik.

Kardus Labo hadir dengan beragam template mainan, mulai dari piano, sepeda motor, alat pancing, robot dan banyak lagi. Supaya Labo benar-benar menjadi sebuah permainan yang mengasyikkan, Anda perlu memotong template kardus yang sudah disediakan. Kemudian masukkan kartrid ke dalam Switch, setelah itu ikuti petunjuk pada layar tablet untuk membangun masing-masing aksesori berbeda, yang oleh Nintendo disebut sebagai Toy-Con.

Selain mengikuti template kardus, Anda juga dapat menggunakan imajinasi untuk mewujudkan bentuk mainan lain. Sebab ada juga paket kustomisasi yang dirilis untuk modifikasi secara personal. Hal yang paling mengasyikkan adalah ketika Anda mengetahui cara kerja Labo dan Switch. Dengan begitu Anda bisa saja menemukan ide baru untuk menciptakan bentuk mainan baru atau merubah fungsinya sesuai keinginan.

Misalnya, membangun sebuah piano dengan jumlah kunci sesuai keinginan dan menciptakan kreasi musik yang baru. Di konsol Switch terdapat IR Motion Camera yang dapat mendeteksi tombol mana yang ditekan dan menerjemahkannya ke dalam nada unik yang terdengar melalui konsol. Piano rancangan Anda akan menjadi mainan dengan fungsi nada yang beragam.

Kemudian bentuk template lain yang menghasilkan mainan interaktif adalah sepeda motor. Anda dapat merasakan sensasi mengendarai sepeda motor di jalan raya tanpa keluar rumah. Cukup masukkan konsol Nintendo Switch dan tekan tombol "start" mesin akan menyala.

Untuk mengendalikan motor, Anda hanya perlu memutar pegangan tangan untuk menentukan akselerasi yang pas. Gerakan motor pada layar ditentukan dengan kelihaian Anda dalam mengendalikan stang motor kardus Labo yang sudah Anda rakit.

Lalu template Labo yang paling keren adalah setelan kostum yang dapat mengubah seluruh tubuh Anda menjadi robot. Layaknya mengendalikan robot sungguhan, kostum kardus ini dapat menerjemahkan gerakan pukulan dan tendangan ke dalam Nintendo Switch. Bahkan dengan gerakan tertentu, melalui kostum robot ini Anda dapat merasakan sensasi perubahan robot menjadi mobil dalam sebuah permainan.

Untuk pengguna anak-anak, template kostum robot tampaknya lebih rumit daripada bentuk template lainnya. Pasalnya terdapat pola kardus yang kompleks dan ukurannya yang besar. Mereka harus bekerja lebih keras untuk merakitnya.

Namun kesulitan atau tantangan yang akan dihadapi dalam merakit Labo, sesuai dengan slogan Nintendo Labo, yaitu: make, play, and discover. Dimana Labo memang ditujukan untuk mereka yang aktif, bukan sekadar bermain. Kemudian merakit Labo menjadi kreasi mainan baru dengan menggunakan imajinasi.

Menemukan hal-hal baru dalam setiap permainan memang merupakan misi Nintendo sejak awal. "Nintendo Labo melanjutkan misi lama untuk membuat orang tersenyum karena mengejutkan mereka dengan pengalaman baru," kata Reggie Fils-Aime, Presiden Nintendo of America dan COO, seperti yang tertulis pada website resmi Nintendo.

Nintendo Labo saat ini sudah dapat dipesan di situs resmi mereka. Meski terbuat dari kardus, mainan ini ternyata cukup mahal. Ada dua produk Nintendo Labo yang akan dirilis , yaitu "Variety Kit" dan "Robot Kit". Dengan "Variety Kit", Anda akan mendapat dua mobil RC, alat pancing ikan, rumah, motor dan piano dengan harga eceran $69.99 atau sekitar Rp931.286.

Kemudian untuk "Robot Kit", Anda akan mendapat setelan robot interaktif dengan pelindung, ransel dan tali pengikat untuk tangan dan kaki dengan harga eceran $79.99 atau sekitar Rp1.064.346.

Komentar