Siap Hadapi Bonus Demografi 2045 dengan Belajar Online di RuangGuru

Saat 100 tahun Indonesia Merdeka, tepatnya pada 2045 Indonesia diprediksi akan mendapat bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (usia 15-64 tahun) lebih banyak daripada usia non produktif (usia dibawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Dengan banyaknya penduduk usia muda, Indonesia dapat memanfaatkan bonus demografi sebagai momentum kebangkitan ekonomi Indonesia. Namun yang perlu diwaspadai, tanpa SDM yang siap harapan tersebut justru akan menjadi bencana.

Agar masyarakat Indonesia dapat produktif di dunia kerja, maka perlu menyiapkan SDM sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan membekali para generasi muda dengan kualitas pendidikan yang lebih baik. Dengan memanfaatkan teknologi, pemerintah bisa mendukung bentuk inovasi belajar dan les online berbasis aplikasi android bernama “ruangguru”. Dengan menggunakan aplikasi ini para seluruh pelajar Indonesia yang terhubung internet dapat belajar dimana saja dan kapan saja.

Aplikasi ruangguru menyediakan berbagai soal latihan dan ujian yang disusun berdasarkan kurikulum 2006 dan 2013. Konten yang tersedia untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP dan SMA.  Layaknya layanan les konvensional, aplikasi ruangguru juga memungkinkan komunikasi dua arah antara tutor dengan muridnya. Terdapat dua fitur komunikasi yang bisa digunakan secara online, yaitu melalui chatt dan audio call.

Ilustrasi video materi (Gambar: ruangguru)

Salah satu produk ruangguru untuk belajar online adalah ruangbelajar. Dengan layanan ini murid dapat mengikuti belajar online dengan dipandu Master Teacher yang komunikatif dan ahli di bidangnya. Kemudian terdapat fitur video materi yang membantu murid untuk belajar lebih menyenangkan dan mudah. Selesai belajar, murid dapat mengikuti latihan soal secara online melalui aplikasi.

Ilustrasi rangkuman belajar (Gambar: ruangguru)

Dengan latihan soal online murid dapat mengukur kemampuannya pada saat itu juga, sebab tersedia fitur “timer” untuk mengetahui durasi pengerjaan tiap soal dan berapa persen soal-soal tersebut terjawab. Kemudian jika saat latihan online ada soal yang salah, sistem sudah menyediakan pembahasan bagaimana soal tersebut dapat diselesaikan sehingga murid dapat mengetahui letak kesalahannya. Ada pula fitur untuk menyimpan rangkuman belajar agar murid tidak lupa rumus yang dipelajari.

Paket langganan ruangbelajar (Gambar: ruangguru)

Untuk saat ini produk ruangbelajar baru tersedia 2 kelas, yaitu kelas XII IPA dan IX SMP dengan pilihan paket langganan selama satu tahun (Rp 675.000) atau satu bulan (Rp 175.000). Akan tetapi, dengar-dengar mulai Januari 2018 jumlah kelas akan bertambah, bahkan sampai SD.

Layanan ini dapat dinikmati dengan mengunduh aplikasi ruangguru melalui Google Play atau App Store secara gratis. Ingin mengetahui ruangguru lebih lengkap? Silakan kunjungi situs resmi mereka di ruangguru.com.

Komentar