3 Cara Mudah Mengenal Dunia Radio

Ilustrasi: Pixabay

Ada beberapa orang yang ingin mengenal dunia radio secara profesional. Materi yang ingin dipelajari tentu bukan sebatas teknik siaran radio, karena masih ada banyak hal menarik yang bisa dipelajar di dunia radio, misalnya saja mempelajari program siaran, manajemen keuangan radio, editing audio, atau mengenal lebih dalam tentang teknologi radio yang sedang trend.

Nah, sekarang buat kamu yang ingin mengenal dunia radio lebih dekat dan mempelajarinya tanpa harus mengeluarkan waktu yang banyak dan biaya yang mahal, berikut beberapa tipsnya buat kamu :

Mendengarkan siaran radio. Buat kamu yang ingin mempelajari teknik siaran radio atau menjadi seorang penyiar, cara ini merupakan cara yang paling simple. Cobalah mendengarkan penyiar radio saat mengudara. Pada moment itulah kamu bisa belajar apa yang harus dilakukan penyiar, misalnya saja tentang bagaimana ia membuka acara, berinteraksi dengan pendengar, dan gaya bicaranya selama siaran. Karena setiap penyiar memiliki karakteristik yang berbeda, maka dari itu akan lebih baik bila kamu mendengarkannya lebih dari satu penyiar radio dan dari radio yang berbeda-beda pula, supaya kamu memiliki banyak referensi. 

Ikuti akun sosial media orang-orang yang bekerja di radio. Ketika kita mengikuti akun mereka, kita bisa bertanya secara langsung tentang dunia radio pada mereka. Bahkan tak jarang mereka memposting informasi tentang dunia radio di akun mereka, seperti tips, event dan lowongan kerja di studio mereka. 

Ikuti seminar atau workshop tentang radio. Dengan mengikuti seminar kamu bisa belajar langsung dari ahlinya, bahkan kamu bisa tanya jawab langsung dengan si pembicara. Bila kamu mengikuti workshop radio, selain teori kamu juga bisa langsung praktek di sana. Di acara seperti ini kamu juga bisa menjalin relasi dengan orang-orang yang menyukai dunia radio, cobalah untuk berkenalan dengan peserta lain di sebelahmu, siapa tahu orang yang di sebelahmu itu juga merupakan seorang praktisi di dunia radio.

Dan jangan takut untuk berkenalan dengan pembicara juga, tunjukkan bahwa kamu memiliki antusias yang tinggi dalam mempelajari dunia radio, tak jarang para pembicara itu dengan senang hati berkenalan, bahkan memberikan nomor telfon dan kartu nama. Bila kamu memiliki banyak relasi dengan para praktisi radio, kamu akan memiliki banyak referensi tentang dunia radio, semakin beragam profesi mereka (penyiar, audio editing, produser, program director, dll) maka semakin komplit pengetahuan yang bisa kamu dapat.

Komentar